Tempat Kursus Bisnis Online Umkm Lubuk Begalung Telfon 081388273635

Tempat Kursus Bisnis Online Umkm Lubuk Begalung Telfon 081388273635

Bisnis Online adalah kegiatan bisnis saat ini  yang dilakukan di dunia maya dengan bantuan akses Interner. Menjalankan Strategi Promosi dengan Metode Bisnis Online memerlukan media Online sebagai wahana berbisnis. Setiap Peluang yang menggunakan Bisnis Online adalah Peluang Bisnis potensial yang dapat diaplikasikan pada setiap usaha Baik Produk Atau Jasa.

“Sukses bukanlah kunci kebahagiaan. Kebahagiaanlah kunci menuju sukses.Jika Anda mencintai apa yang Anda kerjakan, Anda akan menjadi orang sukses.” Create bisnis dari noL.

Dengan Biaya 8.500.000 dengan dua x sesi pertemuan.
9 RAHASIA MEMBANGUN ASET DIGITAL…..???
1 Website
a.Web Bloging
b.Web Toko Online
c.Landing Page
2. SEO (Search Engine Optimization) & LBO Lokal Businees Optimization
3. Facebook Advertising
4. Google Adword.
5. Youtube Marketing.
6. Instagram Marketing.
7. Email Marketing.
8. Market Place
– Tokopedia
– Bukalapak
– Shopy
– Lazada
– BliBli
– dst
9. Membuat SYSTEM BISNIS “ AUTOPILOT. ”

nah urutkan mulai bisnis masing masing

sudah sampai sales beeapa dan keuntungan berapa Dari Modal

estimasi jika membangun bisnis dari nol bagi pemilik modall

Bagi yang belajar dari nol step ny stepp…

Endingnya punya aset digital make money online

Apakah anda kesulitan mendatangangkan Traffic ke Bisnis anda ?

Padahal Traffic adalah faktor penting agar website/ produk / bisnis anda dilirik konsumen

Jika Tidak ada yang lihat produk anda , tidak ada yang tau produk anda..Maka bagaimana orang bisa beli produk anda …

Untukdatangkan Traffic ada berbagai cara .. Cara Cepat adalah dengan iklan Facebook & Iklan Adwords ..

NAmun apa yang sering terjadi bagi pebisnis yang baru terjun di dunia Digital ?

MEmikirkan Teknis beriklan facebook saja butuh jam terbang , belum lagi copywriting dan landing pages yang harus dibuat butuh skill yang tidak mudah juga …

Nah Good News nya adalah kini anda bisa datangkan Traffic dengan cepat menggunakan Influencer ?

Apa itu Influencer ?

Bahasa Sederhananya adalah seseorang yang gaul di luar sana .. yang rajin posting di sosmed dan memiliki penggemar yang banyak ..

Dan setiap apapun kegiatan influencer baik Video dan foto selalu mengundang interaksi dengan penggemar ..

Contoh ada influencer yang doyan makan dan suka keliling keliling warung makanan dan emmbahas tentang makanan di restoran tersebut .. dan ternyata setiap video atau postingan selalu mendapat response yang ramai sekali

Nah jika anda bisa menemukan seseorang seperti ini , anda bisa titip promosikan produk anda , influencer akan mereview dengan gayanya sendiri dan booom …

Misal anda punya warung bakso dan anda bayar influencer ini untuk datang ke resto anda dan mereview bakso anda .. dalam sekejap brand/ produk anda langsung di kenal oleh penggemar dari influencer tersebut .. bayangkan jika anda menggunakan 10 – 20 influencer

maka percepatan brand anda dikenal orang akan lebih cepat

mentor bisnis online di indonesia

apa yang harus dikuasai dalam bisnis online
1.Ilmu Trafick
2.Ilmu Copy Writing
3.Ilmu Follow up
Daftar bitly/DigitalMarketing50
hal utama dalam bisnis online membangun kepercayaan. menggunakan testimoni yang benar dan tidak fiktif.
isi konten
-personal branding
-produck branding
-produck knowledge
-testimoni
5 rahasia membangun bisnis online versi sb1m
semakin besar trafik yang di ciptakan ,semakin bagus follow up makan akan ada peluang besar untuk klosing..
membangun pondasi awal dalam 6 bulan.
membuat 7 social media : facebook.tweter.path.tumbler.instagram, linkend,google plus.
2. membeli domain dan hosting ==>> seaw lahan di Online ( hawkhost,.com/deaweb.com
domain: nama website ( nama website.com) personal branding.
bagaimana langkah membangun website,langkah awal dengan menulis artikel atau bloging,update website dengan artikel. Membuat artikel dalam waktu 4 bulan 10 artikel per hari .
alasan kenapa kita harus fokus 4 bulan agar website kita ada di halaman 1 gooogle atau website Authority.
sumber artikel yang akan ditulis dalam website ada bermacam macam : Google Alert,youtube,Hoby,Line Today,Vlick Bait,Tv ,Majalah Koran dan lain lain.
artikel halaman Google
-menentukan judul kata kunci tai allintitle =0
-kata kunci ada di paragarf 1 google
-deskripsi original
-ada foto minimum 4 foto
-ada video
-ada link artikel sebelumnya.
-ada outbound link
-Tag Maximum 3 kata kunci
info.pendafataran 0813.8827.3635
mentor bisnis online di indonesia

Bagaimana caranya membuka suatu usaha? Banyak orang yang memiliki keinginan untuk memiliki bisnis sendiri, namun terhalang oleh modal yang dibutuhkan. Solusi terbaiknya adalah memulai bisnis berbasis rumahan. Anda dapat memanfaatkan tempat kosong yang ada di rumah seperti halaman, garasi dan dapur untuk memulai menjalankan bisnis. Dengan memanfaatkan rumah, Anda dapat menghemat biaya modal yang cukup besar, sehingga modal yang ada bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya. Berikut adalah beberapa cara yang harus Anda lakukan ketika ingin sukses memulai bisnis rumahan.

1. Meminta Dukungan Keluarga

Keluarga menjadi elemen terpenting sebelum memulai bisnis, apalagi jika Anda baru akan merintis bisnis. Keluarga menjadi pendukung dari segi materil dan non materil. Jika sampai keluarga tidak mendukung, bisnis yang Anda jalani akan semakin susah berkembang, malah bisa menjadi gagal karena tidak adanya dukungan dari keluarga. Oleh karena itu dalam berbisnis, dukungan keluarga sangat dibutuhkan, mulai dari awal merintis hingga sampai sukses nanti..

2. Belajar Administrasi

Walaupun bisnis yang dijalani hanya sekelas rumahan saja, namun Anda juga perlu menguasai administrasi walaupun hanya sederhana. Selalu lakukan pencatatan administrasi dengan tertib walaupun nilainya terbilang kecil dan jangan pernah mencampurkan keuangan milik pribadi dengan bisnis. Salah satu pondasi utama untuk kelangsungan bisnis yang akan Anda jalani agar bisa sukses adalah masalah administrasi.

3. Jauhkan Pikiran dari Kegagalan

Setiap bisnis hanya memiliki 2 pilihan, yaitu sukses atau gagal. Seorang pebisnis sejati tidak akan pernah merasa takut gagal, walaupun masih menjadi pemula. Jika dari awal sudah merasa tidak yakin dengan bisnis yang dijalani, maka dapat dipastikan kedepannya bisnis akan mengalami kegagalan. Mental pebisnis biasanya akan kuat seiring berjalannya waktu dan rintangan yang telah dihadapi, butuh proses panjang agar dapat meraih kesuksesan. Jadi, tanyakan pada diri sendiri, kuat mana antara berpikir sukses dan gagal sebelum memulai bisnis.

4. Tentukan Visi dan Misi Bisnis

Menentukan visi dan misi penting untuk menentukan arah tujuan bisnis kedepannya, walaupun bisnis hanya sekelas rumahan, tetapi Anda juga harus menentukannya dengan jelas sehingga saat bisnis berjalan, akan ada tujuan jelas yang dicapai kedepannya, tidak asal hanya berjalan tetapi harus mempunyai target. Tanpa adanya visi dan misi, apa yang menjadi tujuan dan bagaimana cara mencapai tujuan itu menjadi sulit untuk di capai.

5. Hitung Kebutuhan Modal

Anda tidak akan menjalankan bisnis jika modal yang Anda miliki belum cukup. Hitung secara teliti mana saja kebutuhan yang paling penting agar bisnis bisa berjalan. Hindari pembelian barang-barang yang dirasa belum perlu. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan apa yang ada di sekitar rumah untuk mulai berbisnis seperti halaman, garasi, dapur, peralatan masak, dan lain sebagainya.

6. Pilih Bidang Sesuai Passion

Poin penting untuk memulai bisnis adalah sesuai dengan passion yang Anda miliki. Kenapa harus sesuai dengan passion yang dimiliki? Jika dilandasi dengan passion, maka apa yang Anda lakukan akan lebih penuh semangat dan terasa lebih ringan. Saat bisnis dijalankan dengan penuh semangat, bisnis akan cepat meraih kesuksesan. Hindari memilih bidang yang tidak sesuai dengan passion. Jadi jika Anda menyukai bidang fotografer, Anda dapat membuka jasa foto di rumah, atau jika Anda suka desain, Anda bisa membuka jasa graphic design

7. Pilih Waktu untuk Memulai

Membangun bisnis tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Jangan terburu-buru, karena bisnis membutuhkan perhitungan yang cermat, salah sedikit saja Anda bisa mengalami kerugian. Jika Anda salah memilih waktu, maka bisnis Anda akan mengalami kegagalan. Contoh saja saat mendekati bulan Ramadan, bisnis paling tepat yaitu berjualan busana muslim dan kue lebaran.

8. Tentukan Keunikan dari Produk

Ketika Anda sudah memulai bisnis, agar produk yang Anda miliki dapat diterima baik oleh konsumen, Anda harus memiliki produk yang lebih unik dibanding produk sejenis. Apalagi sekarang ini persaingan semakin ketat sehingga setiap produk yang dipasarkan harus bisa memikat dan menarik hati pelanggan. Selain itu, dengan menggunakan produk yang unik, brand Anda akan lebih mudah diingat oleh para konsumen.

9. Lakukan Promosi Secara Tepat

Promosi adalah salah hal wajib yang harus Anda lakukan untuk mengenalkan produk ke calon pelanggan. Semakin sering Anda melakukan promosi, semakin banyak orang yang mengetahui tentang produk yang Anda miliki. Dalam hal promosi, agar tidak terlalu banyak uang yang dikeluarkan, maka target promosi haruslah tepat. Anda dapat mencoba mempromosikan produk Anda melalui Facebook Ads atau Google Adwords, kedua platform tersebut dapat menentukan target sesuai apa yang Anda inginkan

10. Berikan yang Terbaik

Ada pepatah mengatakan bahwa pembeli adalah raja. Maka sudah sepantasnya Anda memberikan yang terbaik untuk pembeli agar mereka merasa puas. Jika pembeli merasa puas maka nanti biasanya mereka akan datang kembali dan menyarankan kepada orang lain untuk datang ke bisnis yang Anda miliki.

Setelah melakukan kesepuluh cara di atas untuk memulai bisnis rumahan, hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah pengelolaan keuangan dengan tepat. Dengan pengelolaan keuangan secara tepat, bisnis akan semakin berkembang dan sukses. Jurnal adalah software akuntasi online yang membantu Anda dalam mengelola keuangan bisnis dengan mudah, aman dan cepat. Anda dapat melakukan pencatatan setiap transaksi bisnis di mana pun, tidak perlu menggunakan buku akuntansi yang tebal dan berat, Anda bisa menggunakan smartphone yang Anda milik.

Mengapa nampaknya ada orang yang mampu menjual apapun? Apa rahasia mereka?
.

Sedikit fakta tentang Joe Girard:

Beliau adalah seorang salesman mobil di Amerika.
Joe Girard berhasil menjual 13.001 mobil, sepanjang 15 tahun karirnya sebagai seorang tenaga penjual. Itu berarti rata-rata dia menjual 2 mobil dalam sehari.
Pada tahun 1973, beliau mendapatkan penghargaan dari Guinness Book of World Record sebagai salesman dengan penjualan terbanyak, yaitu menjual 1.425 mobil dalam setahun.
Dan mobil yang dijual beliau adalah mobil biasa, bukan supercar semacam Lamborghini, Ferrari, Koenigsegg atau semacamnya.

Ketika seseorang ingin membeli mobil dari Joe Girard, mereka harus membuat janji jauh hari sebelumnya dikarenakan jadwalnya yang padat.

Sungguh berbanding terbalik dengan para salesman pada umumnya, yang justru mengejar-ngejar konsumen dan membujuk mereka untuk membeli produknya.

Jadi apa rahasia Joe Girard? Apakah dia menggunakan pelet yang dapat meningkatkan karisma dan daya tariknya? Apakah dia menyogok para konsumennya tersebut untuk membeli mobil darinya?

Di awal karirnya, Joe Girard konsisten untuk terus melakukan kontak dengan calon konsumennya tanpa berusaha menjual apapun.

Sebuah survey menunjukkan bahwa para tenaga penjual biasanya akan berhenti mengontak hot prospect-nya ketika mereka tidak menunjukkan niat untuk membeli pada pertemuan ke-2 atau ke-3.

Tapi tidak dengan Joe Girard.

Dia bukan cuma sekedar konsisten untuk tetap saling berhubungan dengan calon pembelinya, beliau juga berusaha membangun sebuah hubungan persahabatan dengan semua hot prospect yang dia miliki.

Yang berarti di setiap pertemuan Joe dengan kliennya, penjualan mobil bukanlah topik utama yang mereka bicarakan. Namun percakapan yang terjadi adalah layaknya seorang teman lama yang saling berbincang-bincang.

Joe Girard juga sangat aktif untuk mengirimi kartu ucapan untuk semua calon pembelinya. Bahkan, ketika namanya sudah melejit, dia sampai harus mempekerjakan seorang asisten untuk membantunya menulis surat.

Bayangkan, seorang salesman mempekerjakan orang lain untuk membantunya menulis surat!

Hal yang dilakukan oleh Joe Girard ini menjadikan dia sebagai orang yang dapat dipercaya, dan otomatis menjadikan beliau sebagai orang yang akan selalu dibenak hot prospect-nya ketika mereka ingin membeli mobil.

Itu adalah rahasia untuk menjual apapun

Mana yang lebih penting, mencari pelanggan baru atau mempertahankan pelanggan lama?

Sebenarnya keduanya sama penting. Namun, seringkali customer retention terabaikan karena fokus marketing lebih mengarah ke acquisition, yakni mencari customer baru. Jadi, akhirnya pelanggan lama kurang diperhatikan. Terkadang malah pelayanan yang diberikan ke pelanggan lama semakin menurun kualitasnya. Inilah yang justru membuat pelanggan pergi pelan-pelan.

Maka dari itu, coba lebih fokus kepada customer retention karena dengan strategi ini Anda bisa membuat pelanggan makin setia, dan membeli lebih banyak dari Anda.

Kendala customer retention

Adapun hal-hal yang biasanya menjadi kendala customer retention adalah:

-Tak ada waktu karena sibuk melayani customer.

-Tim service kurang skill dan rasa percaya diri untuk menjual.

-Tidak tahu cara memanfaatkan pelanggan lama untuk meningkatkan penjualan.

-Kurangnya inisiatif dari tim service untuk memberi pelayanan lebih.

Customer retention berpengaruh terhadap acquisition. Jadi, jika retention tidak berjalan dengan baik, proses mendapatkan customer baru juga menjadi terkendala untuk Anda. Perbaiki customer retention agar Anda bisa mengoptimalkan acquisition.

Cara memperbaiki customer retention

Berikut strategi perbaikan untuk mengoptimalkan customer retention bisnis Anda:

Mengolah data yang relevan – Informasi tepat dan akurat sangat dibutuhkan dalam pengelolaan data customer. Anda juga memerlukan data mengenai revenue saat ini dan estimasi di masa yang akan datang. Kumpulkan informasi tentang customer, klien, lalu buat analisa SWOT dan action plan dengan deadline.

Evaluasi tiga bulan sekali – Anda bisa melakukan evaluasi minimal setiap tiga bulan sekali. Dengan begitu, Anda akan mengetahui update terbaru tentang customer. Coba cari solusi baru di setiap evaluasi yang bisa diterapkan untuk mencapai target Anda. Pastikan juga semua anggota tim ikut dalam meeting evaluasi.

Waktu evaluasi minimal 90 menit – Setiap sesi evaluasi memerlukan waktu setidaknya 90 menit. Lakukan evaluasi dengan cara meninjau strategi lama, lalu mengulas action plan yang baru. Tambahkan informasi terbaru pada rencana masa mendatang Anda. Pastikan menerapkan strategi untuk mempererat ikatan emosional dengan customer agar mereka betah berlangganan.

4 Pertanyaan Sebelum Bekerjasama dengan Investor

Bekerja sama dengan orang lain adalah pekerjaan yang susah-susah gampang. Ketika kita memiliki niat yang baik, justru partner kita yang memiliki niat tidak baik. Kegelisahan ini juga pasti muncul di benak pebisnis-pebisnis muda. Di awal membuka usaha, modal yang digunakan biasanya adalah modal sendiri atau modal patungan dengan teman. Seiring dengan semakin membesarnya bisnis, akan ada investor yang berkeinginan untuk menanamkan modal di bisnis itu. Atau di sisi lain, tentu Anda yang akan butuh investor unutuk mengembangkan usaha. Di bawah ini ada empat pertanyaan yang wajib ditanyakan sebelum mulai kerja sama dengan investor. Jangan lupa untuk dicatat.

 

1. Apakah investor ini memiliki jaringan yang kuat?

Investor yang sukses sering memiliki ketrampilan networking yang kuat. Mereka memahami bahwa ada dua komponen untuk membangun jaringan nyata. Pertama mencari jaringan yang luas tidak peduli betapa sulitnya atau berapa banyak waktu yang diperlukan. Kedua, membangun hubungan untuk jangka waktu panjang, bukan hanya di saat bisnis sedang berjalan sekarang ini. Untuk mendapatkan jaringan yang kuat, investor membutuhkan ketrampilan sosial yang baik dan ketekunan. Untuk mengetahui peluang yang ada, mereka harus melakukan penelitian dan pergi ke setiap peristiwa bisnis. Berbagai pendekatan untuk membangun jaringan harus dilengkapi dengan banyak pertemuan efektif sehingga tidak akan membuang-buang waktu. Apabila investor dapat membangun jaringan yang kuat, setidaknya beberapa orang yang akan siap membantu bisnis Anda saat mengalami kesulitan. Mereka juga akan terus membuka peluang baru untuk bisnis Anda dari waktu ke waktu.

2. Apakah investor ini memiliki bisnis di bidang yang sama?

Tim manajemen dalam perusahaan investor harus mampu mengintegrasikan keuangan, komunikasi, pemasaran dan kepatuhan hukum sekuritas agar ada komunikasi dua arah antara perusahaan, masyarakat keuangan, dan konstituen lain. Komunikasi yang baik dapat terwujud apabila investor memiliki bidang bisnis yang sama dengan Anda agar pemahaman bisnis dapat saling terwujud. Banyak perusahaan publik sekarang ini yang memiliki petugas khusus untuk mengawasi sebagian besar aspek hubungan bisnis dengan investor, rapat pemegang saham, konferensi pers, pertemuan pribadi dengan investor, dan laporan perusahaan tahunan.

Kesamaan bidang bisnis dengan investor juga sering mencakup transmisi informasi yang berkaitan dengan nilai-nilai yang saling mempengaruhi seperti berbagai kebijakan pada tata kelola perusahaan. Saat berhubungan investor, Anda harus menyadari isu-isu terkini dan mendatang yang mungkin harus dihadapi dalam bidang bisnis sama, khususnya yang berhubungan dengan kewajiban dan risko bisnis. Investor harus mampu menilai berbagai pola jual-beli saham mungkin sering dilakukan dalam bisnis perusahaan publik atau dengan meneliti laporan yang dikeluarkan oleh analis keuangan. Departemen hubungan investor juga harus bekerja sama dengan sekretaris perusahaan mengenai masalah hukum dan peraturan yang mempengaruhi pemegang saham.

3. Apakah investor ini akan aktif atau pasif di perusahaan?

Dalam beberapa dekade terakhir, investasi pasif telah menjadi strategi pilihan untuk jutaan investor yang ingin menduplikasi kembali bisnisnya di pasar. Bahkan bagi investor kaya, kepemilikan pasif memiliki daya tarik yang kuat. Investasi pasif dilakukan dengan membeli dan menahan saham atau obligasi dalam indeks pasar. Dana yang diperdagangkan di bursa saham dapat digunakan untuk melacak pasar saham perusahaan kecil, saham asing dan obligasi serta jenis-jenis saham lain dalam industri tertentu.

Beberapa manfaat dari investasi pasif adalah:

– Biaya yang sangat rendah.

Karena tidak ada kebutuhan untuk menganalisis efek dalam indeks.

– Transparansi yang baik.

Karena investor bisa tahu setiap saat tentang saham atau obligasi apa yang mengandung investasi di indeks.

– Efisiensi pajak.

Karena kepemilikan dana indeks tidak memicu kenaikan pajak tahunan yang besar.

Namun, banyak penasihat keuangan merekomendasikan agar investasi dikelola secara aktif sebagai bagian signifikan dari portofolio klien mereka. Manajemen investasi aktif meliputi reksa dana, dana yang diperdagangkan di bursa, portofolio saham, obligasi dan kepemilikan lain yang dikelola oleh penasihat keuangan.

Beberapa manfaat dari investasi aktif adalah:

– Fleksibilitas.

Karena manajer aktif tidak diharuskan untuk memegang saham atau obligasi tertentu.

– Membatasi kerugian.

Investasi aktif akan memberi kemampuan untuk berpartisipasi dalam penjualan jangka pendek serta melakukan berbagai pilihan dan strategi bisnis dapat mengurangi risiko kerugian.

– Adanya manajemen risiko.

Investasi aktif akan memberi kemampuan untuk keluar dari kepemilikan tertentu atau sektor pasar ketika resiko terlalu besar.

– Manajemen pajak

Dalam investasi aktif, strategi bisnis disesuaikan dengan kebutuhan investornya. Mereka dapat menjual investasi yang merugi untuk mengimbangi penarikan pajak.

4. Apa saja kriteria dan syarat yang disepakati?

Kriteria dan syarat yang sudah disepakati bersama dengan investor dapat berlaku di pengadilan apabila sudah ada bukti tertulisnya. Setiap kontrak harus mencakup penawaran dan penerimaan yang spesifik dan jelas. Kedua belah pihak harus menyetujui syarat dan kriteria dalam kontrak sesuai kesepakatan yang ada. Namun tidak satu pihak pun yang dapat dipaksa untuk menandatangani kontrak karena kedua belah pihak harus menyetujui persyaratan yang sama. Jika salah satu atau kedua belah pihak tidak serius, sebaiknya tidak jangan pernah membuat kontrak.

Ada tiga hal yang harus diperhatikan saat menentukan kriteria dan syarat dalam kontrak:

– Pertimbangan.

Harus ada sesuatu yang bernilai untuk dipertukarkan antara kedua belah pihak seperti uang atau jasa.

– Kompetensi.

Kedua belah pihak harus mempunyai pikiran yang sehat untuk dapat memahami keseriusan kontrak serta memahami kriteria dan syarat yang dibutuhkan dalam bisnis. Oleh karena itu, sebaiknya kontrak tidak dibuat dalam suasana partai pesta karena kedua belah pihak harus dalam keadaan sangat sadar. Jangan berada di bawah pengaruh obat-obatan atau alkohol saat menandatangani kontrak karena bisa mengurangi kesiapan mental.

– Tujuan hukum.

Kriteria dan syarat dalam kontrak harus memiliki tujuan hukum. Oleh karena itu, jangan buat kontrak untuk bisnis yang ilegal seperti penjualan obat-obat terlarang atau prostitusi karena bukti kontrak dapat menjerat hukum pengadilan yang lebih berat bagi kedua belah pihak.

Bagaimana? Sudah bertemu dengan investor idaman Anda? Jangan lupa untuk menanyakan empat hal di atas kepadanya. Jika sudah bertemu, perhatikan baik-baik kontrak hitam di atas putih yang nantinya akan digunakan sebagai panduan dalam berhubungan.

Kelas Belajar Internet Marketing Untuk Bisnis Cara Menggunakan Pixle Editor

5 Tips Memasarkan Produk Dengan Efektif

Tidak dipungkiri bahwa sedikit banyak keberhasilan perusahaan ditentukan oleh strategi pemasaran produk. Boleh jadi produk tersebut berharga mahal atau tidak berkualitas, namun yang seperti ini terkadang penjualannya justru melejit. Berikut ini tips dari tim Founder bisnisonline.org agar pemasaran yang dilakukan dapat berjalan efektif.

1. Tentukan jenis konsumen dalam jangka panjang

Jenis konsumen biasanya dapat menentukan beberapa peluang untuk mengamati produk sebelum dipasarkan. Berbagai studi teoritis dan empiris mengenai jenis dan perilaku konsumen biasanya dilakukan berbagai jenis perusahaan untuk menyesuaikan pemasaran dalam jangka panjang daripada dalam jangka pendek. Proses penentuan jenis konsumen dalam strategi bisnis memainkan peran penting. Setelah menemukan jenis konsumen yang tepat, Anda baru dapat menentukan elemen-elemen strategi perusahaan, anggaran, alokasi sumber daya, serta target keuangan dan operasional dalam perusahaan. Penentuan ini juga dapat memberikan panduan bagi cara pemasaran produk dan mengembalikan fokus tim manajemen pada prioritas strategi perusahaan dalam jangka panjang.

2. Pisahkan strategi jangka panjang dan jangka pendek

Pemilik bisnis dan tim manajemen sebaiknya berkolaborasi dalam membuat strategi bisnis. Tim manajemen harus berbagi informasi untuk membuat strategi demi kesuksesan perusahaan. Mereka perlu mempertimbangkan kebutuhan perusahaan secara keseluruhan atau merancang berbagai strategi sebelum melakukan bisnis di area luar lingkup kewenangan mereka. Sebelum Anda mulai menulis strategi jangka pendek untuk bisnis, lihatlah posisi pasar Anda.

Tentukan sejauh mana Anda ingin mewujudkan visi perusahaan dalam beberapa tahun ke depan. Oleh karena itu, buatlah juga strategi jangka panjang yang akan membantu Anda mewujudkan visi perusahaan. Strategi ini akan membantu Anda untuk dapat terus memenuhi tujuan perusahaan dan mencapai posisi pasar tertentu dalam jangka waktu tertentu. Setiap karyawan perusahaan harus memberikan masukan sebelum penetapan strategi jangka panjang dimulai. Sementara manajer perusahaan bertugas membantu mereka memahami bagaimana gol untuk direalisasikan.

Terkait dengan pembuatan strategi jangka panjang, strategi jangka pendek juga harus diukur dan dipisahkan secara spesifik agar dapat direalisasikan. Strategi jangka pendek menjelaskan bagaimana Anda akan menerapkan strategi jangka panjang. Manajer perusahaan sebaiknya mengurus rincian spesifik untuk strategi jangka pendek dan pelaksanaannya untuk tiap karyawan. Sedangkan pemilik bisnis harus menindaklanjuti dan melihat apakah strategi dapat dicapai oleh perusahaan dan masing-masing karyawan. Jika kondisi bisnis berubah, bekerjalah dengan tim manajemen untuk menyesuaikan strategi jangka pendek yang baru.

3. Evaluasi strategi, produk, dan SDM

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa evaluasi strategi, produk, dan SDM memainkan peran penting untuk meningkatkan kesuksesan pemasaran produk. Proses evaluasi formal memainkan peran penting dalam mengembangkan strategi dan pencapaian bisnis dalam perusahaan. SDM sekarang ini dipandang sebagai sumber keunggulan kompetitif. Kompetensi khusus SDM pada pemasaran produk dapat diperoleh melalui keterampilan sosial, budaya perusahaan yang khas, proses manajemen dan sistem pelatihan.

Keunggulan kompetitif dengan tenaga kerja berkualitas tinggi memungkinkan perusahaan untuk bersaing berdasarkan respon pasar terhadap pemasaran produk, layanan berkualitas dan inovasi teknologi. Keunggulan kompetitif terletak pada kemampuan manajemen untuk mengkonsolidasikan teknologi perusahaan dan keterampilan produksi menuju kompetensi yang memberdayakan usaha SDM untuk beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan peluang pasar. Oleh karena itu, evaluasi strategi, produk, dan SDM penting dilakukan untuk dapat meningkatkan kinerja bisnis dan mengembangkan budaya organisasi yang mempromosikan inovasi dan fleksibilitas positif dalam perusahaan.

4. Identifikasi keinginan pasar

Banyak perusahaan yang menggunakan identifikasi permintaan pasar untuk memahami berapa banyak permintaan konsumen untuk suatu produk atau jasa. Identifikasi ini membantu manajemen menentukan apakah perusahaan dapat berhasil memasuki pasar dan menghasilkan keuntungan yang cukup untuk memajukan kegiatan usahanya. Selain beberapa metode identifikasi keinginan pasar dapat digunakan untuk melakukan analisis, perusahaan biasanya juga melakukan penelaahan terhadap komponen dasar dari ekonomi pasar.

Langkah pertama analisis pasar adalah menentukan dan mengidentifikasi pasar tertentu untuk menargetkan dengan produk atau jasa baru. Perusahaan akan menggunakan survei pasar atau umpan balik konsumen untuk menentukan kepuasan mereka dengan produk dan layanan yang ditawarkan. Umpan balik yang menunjukkan ketidakpuasan akan membuat perusahaan mengembangkan produk atau jasa yang baru untuk memenuhi permintaan konsumen. Sementara perusahaan biasanya akan mengidentifikasi pasar dengan lini produk mereka, industri-industri baru dapat mengujinya untuk kemungkinan ekspansi bisnis baru.

Setelah pasar potensial diidentifikasi, perusahaan akan menilai tahap siklus bisnis pasar terkini. Pasar yang berada dalam tahap berkembang menunjukkan permintaan konsumen yang lebih tinggi daripada pasokan produk atau jasa saat ini. Tahap stabilitas adalah saat jumlah pasokan barang impas memenuhi permintaan pasar saat ini. Tahap penurunan mengindikasikan permintaan konsumen jauh lebih rendah daripada barang atau jasa yang ditawarkan di pasaran.

5. Usahakan lebih kreatif

Bisnis adalah kegiatan yang terus mendorong perubahan positif di dunia. Oleh karena itu, kreativitas merupakan bagian yang semakin penting untuk mengukur keberhasilan perusahaan. Perkembangan kreativitas adalah faktor penting dalam kepemimpinan yang baik di suatu organisasi atau perusahaan apapun. Dalam dunia global saat ini kebutuhan dan keinginan karyawan untuk bekerja secara kreatif di tempat kerja semakin meningkat. Bahkan kreativitas menjadi bagian dari deskripsi pekerjaan pada banyak perusahaan.

Kelas Belajar Internet Marketing Untuk Bisnis

Banyak perusahaan raksasa seperti Google, 3M dan DuPont mengharuskan karyawan mereka untuk menghabiskan sebanyak 20% dari waktu bekerja mereka untuk berpikir kreatif tentang peluang bisnis baru. Survey data dari berbagai perusahaan juga menampilkan tingginya keinginan untuk berpikir kreatif dari berbagai karyawannya. Perusahaan IBM meminta 1.500 CEO untuk memiliki karakteristik kepemimpinan dengan faktor kreativitas yang menempati peringkat lebih tinggi dari aktor-faktor lainnya seperti integritas, kecerdasan, dan pola pikir global.

Jadi biasakanlah untuk membuka diri bagi ide-ide baru yang mempertanyakan atau menentang sudut pandang Anda untuk dapat memasarkan produk secara efektif. Apabila Anda ingin menjadi pebisnis yang sukses, carilah peluang rotasi. Pindahlah keluar dari zona kenyamanan Anda dan cobalah sesuatu yang baru seperti bekerja di industri yang berbeda atau di lapangan pekerjaan yang lain. Tawarkan keahlian Anda untuk lembaga pendidikan atau organisasi non-profit untuk belajar bisnis sambil membantu mereka.

4 Trik Menciptakan Ide Bisnis Kreatif

Kreativitas adalah salah satu kemampuan penting yang diperlukan dalam berbisnis. Sebaik apa pun usaha dikelola, jika tidak didampingi dengan inovasi-inovasi, usaha tersebut tidak akan berkembang. Maka penting bagi pebisnis untuk mencari ide kreatif. Anda tertarik untuk memulai sebuah bisnis? Pikirkan hal-hal yang tidak konvensional. Jangan takut untuk menjadi lain daripada yang lain. Ide kreatif memang belum tentu diterima masyarakat, oleh karena itu Anda mesti mengetahui strategi yang tepat. Berikut ini adalah trik memulai sebuah ide bisnis kreatif:

1. Aktifkan otak kanan

Penelitian di Amerika Serikat menyebutkan, 4-6% kesuksesan ditentukan oleh otak kiri yang mengatur logika. Sedangkan 94-96% kesuksesan ditentukan oleh otak kanan yang mengatur kreativitas, inovasi, naluri, tanggung jawab, intuisi, etika, kedisiplinan, dan lain-lain. Maka aktifkan otak kanan Anda. Bisa dengan membaca buku fiksi, mengunjungi pameran lukisan, menonton pertunjukan teater, dan mendengarkan lagu. Biasakan diri untuk berpikir seluas mungkin. Imajinasi bukan milik anak-anak semata. Orang dewasa juga perlu berimajinasi supaya pemikirannya tidak sempit dan kaku.

Anda bisa melakukan permainan, “Bagaimana seandainya…?” Ajukan pertanyaan itu sesering mungkin pada diri sendiri. Misalnya saja Anda sedang terjebak kemacetan di jalan raya. Anda bisa bertanya pada diri sendiri, “Bagaimana seandainya mobil saya bisa terbang menghindari kemacetan ini?” Dari pertanyaan tersebut, Anda bisa menemukan ide bisnis. Misalnya saja, Anda memutuskan untuk membuat mobil berbentuk kecil dan ringkas. Di tengah kemacetan, mobil itu bisa lewat dengan memanfaatkan celah-celah di antara kendaraan lain sehingga terlihat seperti terbang.

2. Pahami diri Anda

Untuk menemukan ide kreatif, terlebih dahulu Anda harus memahami diri sendiri. Di situasi seperti apakah Anda dapat berpikir dengan leluasa? Misalnya saja, Anda hanya bisa melakukannya di tempat yang tenang. Maka hindari tempat-tempat ramai seperti jalan raya, pertokoan, dan tempat-tempat layanan umum lainnya. Coba pergi ke pegunungan. Di antara segarnya udara dan hijaunya pepohonan, Anda dapat mengembangkan kreativitas seluas-luasnya. Atau Anda cukup duduk di halaman rumah dan mendengarkan lagu klasik untuk memancing kreativitas.

3. Jual jasa sesuai dengan keahlian yang dimiliki

Berbisnis secara kreatif lebih mudah dilakukan apabila terjun di bidang yang sesuai kemampuan Anda. Dengan demikian, Anda tak perlu terlalu repot mencari referensi. Kenali kemampuan diri sendiri. Apa hal yang menjadi kelemahan Anda? Tak perlu mengambil risiko untuk menjadikannya peluang bisnis, walaupun tampaknya menguntungkan. Misalnya saja saham. Dengan kemampuan yang baik, Anda bisa menghasilkan banyak sekali keuntungan dari saham. Namun jika tidak menguasainya, tak perlu memaksakan diri. Bisa-bisa Anda justru bangkrut.

Kenali keahlian diri sendiri. Apa bidang yang Anda kuasai dengan baik? Misalnya saja, Anda suka mendengarkan musik. Anda menguasai pengetahuan mengenai jenis musik, memiliki kepekaan terhadap nada, dan mampu memberi kritik pada lagu maupun penyanyi. Coba berbisnis di dunia musik. Anda tak perlu menjadi penyanyi atau pelatih vokal. Pertimbangkan untuk mendirikan toko kaset “dari zaman ke zaman”. Anda bisa menjual kaset dengan berbagai jenis lagu dan penyanyi. Dekorasi toko bisa diubah setiap beberapa bulan. Misalnya saja di suatu periode menggunakan dekorasi musik tahun 1990-an, sedangkan di periode lainnya menggunakan dekorasi musik mutakhir.

4. Temukan hal unik dan kreatif

Sebagai pebisnis, Anda harus peka terhadap keadaan sekitar. Ide kreatif bisa ditemukan di mana saja. Biasakan untuk membawa notes dan alat tulis. Begitu menemukan ide, segera catat! Anda bisa pergi ke tempat-tempat yang memancing kreativitas seperti galeri seni, objek wisata, taman kota, dan sebagainya. Anda juga bisa pergi ke planetarium, pusat penelitian, dan sekolah-sekolah. Buat jadwal untuk berjalan-jalan di akhir minggu. Jangan membatasi diri pada tempat tertentu. Biasakan untuk berpindah dan melakukan perjalanan. Dengan demikian, Anda akan mendapat pengalaman yang menarik. Pengalaman tersebut bisa dijadikan sumber untuk ide bisnis

6 PENYEBAB GAGALNYA SEBUAH USAHA

Seperti yang kita ketahui, bahwa menjalankan suatu bisnis sangat erat kaitannya dengan pengambilan keputusan yang beresiko. Apapun resikonya, baik besar maupun kecil, hal tersebut adalah sebuah konsekuensi yang memang harus dijalankan dan dihadapi oleh seorang pelaku bisnis. Dalam menjalankan bisnis, sebagai pelaku bisnis kita pun harus siap menerima segala konsekuensi tersebut.

Konsekuensi dari menjalankan bisnis bisa jadi terbagi menjadi dua, yaitu berhasil dan gagal. Semua orang tentu menginginkan keberhasilan dalam setiap bisnis yang dijalankannya, apapun itu bidangnya. Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kegagalan dalam bisnsi yang dijalankan, maka seorang pelaku bisnis harus pandai-pandai mengatur strategi dan langkah-langkah khusus agar bisnis yang dijalankan terus melaju dengan baik dan tidak mengalami rugi ataupun kegagalan.

Pada ulasan kali ini, sharing akan memaparkan beberapa hal yang dapat menyebabkan usaha atau bisnis anda mengalami sebuah kegagalan. Tentu, artikel ini dapat bermanfaat bagi anda, agar bisnis yang anda jalankan dapat anda jauhkan dari hal-hal yang akan dijabarkan dibawah ini. Mari kita simak bersama-sama!

1. Terlambat membaca kebutuhan pasar

Menjalakan bisnis tentu erat kaitannya dengan penyesuaian pada kebutuhan pasar. Pasar bisnis anda yang menjadi tumpuan anda menyediakan suatu produk bisnis yang sesuai, menjadi kunci bagaimana bisnis yang anda jalankan dapat berjalan dengan baik. Ya, untuk membentuk ataupun membangun sebuah bisnis yang menjanjikan dan berhasil, anda tentu harus membaca kebutuhan pasar dengan cermat dan tepat. Anda harus peka terhadap perkembangan kebutuhan masyarakat yang terus berubah setiap waktunya.

Bila anda terlambat dan kurang peka dalam membaca serta menyadari apa yang dibutuhkan oleh masyarakat saat ini, maka usaha yang anda jalankan akan memiliki kemungkinan untuk tidak dilirik oleh masyarakat. Pemasukan dari usaha yang anda jalankan tidak menjanjikan, karena pada dasarnya masyarakat membeli apa yang mereka butuhkan. Jadi, pintar-pintarlah untuk melihat apa yang dibutuhkan oleh masyarakat,dan berinovasilah pada produk bisnis anda untuk memenuuhi kebutuhan pasar bisnis anda tersebut.

2. Lambat dalam mengambil keputusan

Dalam berbisnis, anda tentu dituntut untuk selalu cepat tanggap dan tepat dalam mengambil keputusan. Atas segala resiko yang kemungkinan dihadapi, langkah-langkah antisipatif untuk menyelamatkan bisnis dari kegagalan sangatlah diperlukan. Untuk menentukan langkah mana yang paling tepat dalam mempertahankan bisnis, tentu anda harus melewati sebuah proses pengambilan keputusan. Proses pengambilan keputusan inilah yang menjadi kunci dalam membawa kemana arah bisnis berjalan. Dalam mengambil keputusan ini, tentu anda harus menentukannya secara cepat dan tepat. Apabila anda berpikir dan bertindak lambat serta tidak bijak dalam mengambil keputusan, bisnis akan semakin berada dalam posisi terancam dan jauh dari keberhasilan.

3. Mudah menerima dan terpengaruh oleh masukan orang lain

Terkadang, dalam menjalankan bisnis, masukan dan saran dari orang lain memang dibutuhkan. Namun, anda perlu menyadari bahwa tidak semua masukan bisa dicerna mentah-mentah untuk diterapkan pada bisnis. Bisnis adalah kanvas anda sendiri, yang dapat dilukis dengan strategi-strategi bisnis yang ditetapkan sendiri. Janganlah mudah terpengaruh dengan ajakan, saran dan masukan dari orang lain yang belum tentu dapat menguntungkan.

Ya, anda perlu berhati-hati dalam menerima masukan maupun saran dari orang lain. Tetaplah kuat pada pendirian dalam bisnis yang dijalankan. Bijaklah dalam mengambil suatu keputusan yang nantinya sangat berpengaruh pada bisnis anda sendiri. Terimalah saran dari orang lain, namun jangan terlalu mudah untuk terpengaruh. Bisnis adalah tanggung jawab anda, pastikan benar-benar mengaturnya dengan meminta masukan dan saran dari orang-orang yang terpercaya mentor bisnis anda atau konsultan bisnis .

4. Kurang promosi

Hakikat menjalankan bisnis ialah menjual produk bisnis, baik berupa barang ataupun jasa kepada masyarakat yang merupakan pasar bisnis anda. Agar penjualan tersebut terus berjalan dengan baik dan sesuai harapan, tentu perlu menerapkan sebuah strategi supaya produk bisnis anda selalu diminati oleh masyarakat. Salah satu strategi bisnis tersebut adalah promosi.

Promosi adalah kegiatan untuk memasarkan produk bisnis kepada masyarakat agar produk bisnis dapat dikenal dan masyarakat dapat mengenali, menginginkan, membeli hingga mengkonsumsi secara terus-menerus pada produk bisnis yang anda pasarkan. Promosi dapat dilakukan dengan berbagai pilihan perantara media, mulai dari media cetak, elektronik hingga media non masa seperti pamflet, brosur, word of mouth dan lain sebagainya. Promosi memiliki kekuatan yang sangat besar terhadap perkembangan penjualan produk bisnis, yang selanjutnya akan berimplikasi pada penghasilan yang dihasilkan dari bisnis yang anda jalankan. Itulah sebabnya mengapa strategi promosi sangat penting untuk diperhitungkan dalam menjalankan bisnis.

Apabila anda mengabaikan strategi promosi dalam menjual produk bisnis, produk bisnis anda pun cenderung tidak dikenal oleh masyarakat, bahkan tertimbun oleh produk bisnis sejenis lainnya yang gencar melakukan promosi. Produk bisnis anda akan dikalahkan oleh anda. Ya, untuk itu, agar bisnis anda tidak mengalami kegagalan yang berkepanjangan, nampaknya strategi promosi yang tepat sasaran sangat diperlukan.

5. Cepat merasa puas

Memiliki keberhasilan dalam bisnis yang dijalankan, tentu menjadi impian semua orang. Ketika keberhasilan tersebut telah dicapai, artinya segala usaha yang dimulai dalam membangun bisnis telah terlaksana dengan baik. Namun, ketika keberhasilan sudah berada di tangan anda, bukan berarti pula anda berhenti untuk memperjuangkan keberlangsungan dari bisnis anda.

Ya, anda tidak boleh untuk serta merta merasa puas atas keberhasilan yang didapatkan dalam bisnis. Anda harus tetap mengatur ego bahwa setelah keberhasilan ini, masih banyak lagi tantangan yang harus dihadapi untuk mempertahankan bisnis agar senantiasa berhasil dan unggul dibandingkan dengan kompetitor-kompetitor bisnis anda. Mempertahankan lebih sulit daripada meraih, bukan?

6. Mudah menyerah

Tidak ada satu bisnis pun yang dijalankan tanpa rintangan. Apapun rintangan dan kendalanya, baik kecil maupun besar, tentu menjadi suatu hal yang pasti ditemui bagi pelaku bisnis di bidang apapun. Hal inilah yang menyebabkan mengapa seorang pebisnis harus memiliki mental yang tidak mudah menyerah. Ya, jika anda mudah menyerah pada kegagalan ataupun rintangan yang dihadapi dalam bisnis, tentu, bisnis akan tidak berlangsung lama. Untuk membangun dan mempertahankan bisnis agar senantiasa berada dalam posisi aman ataupun stabil, tentu seorang pebisnis harus tangguh dalam menghadapi apapun yang menjadi kendala di dalamnya.

Cara Menggunakan Pixle Editor

Meski sudah banyak orang yang menggeluti dunia digital marketing, namun masih banyak juga yang masih belum tau apa itu digital marketing untuk itu, ruang ini hadir guna berbagi hal-hal seputar dunia digital marketing seperti affiliate marketing, dropship, dan lain sebagainnya.

Kelas Belajar Internet Marketing Untuk Bisnis Cara Menggunakan Pixle Editor

MORE CUSTOMERS
& BIGGER SALES
2 Hal Terpenting Untuk Menjadi Berbeda & Bangun Kembali Kerajaan Bisnis Anda di Era Digital Business ini!
Fenomena Di Era Digital Business
Yang Sering Anda Rasakan!
– Kompetitor semakin marak & mulai menggunakan strategi GO DIGITAL
, seperti Website, Facebook dan Instagram.
-Produk-produk yang serupa mulai bermunculan & semakin susah untuk DIFERENSIASI PRODUK kita dengan yang lain.
-Teknik Marketing yang sudah mulai tidak efektif sehingga tidak bisa OPTIMAL BIAYA MARKETING bisnis Anda.
​Penjualan mulai stagnan tidak mengalami peningkatan, sehingga tidak terjadi BUSINESS GROWTH yang signifikan.
3 Hal Utama yang Menjadi Fokus Utama
-Targeting Yang Tepat
-Customer Journey yang Bagus
-Storytelling yang Sesuai Untuk
Mencapai Tujuan yang Anda inginkan:
-Lebih Banyak Prospek yang Berkualitas
-Lebih Banyak Customer & Sales
-Hingga Bisnis Anda Sukses Go-Digital
Digital Marketing Class Business
Setiap bisnis saat ini harus selalu berinovasi, hal tersebut menjadi sebuah tantangan bagi semua pemilik bisnis baik bidang jasa atau produk primer dan sekunder yang menjadi kebutuhan setiap new customer . Dan bagi customer loyal tentunya bisa mendapatkan layanan yang maximal sehingga menjadikan sebuah bisnis berkesinambungan saling memberikan manfaat .
Digital marketing menjadi solusi dalam efisiensi biaya advertising dan menjadi strategy yang bisa digunakan dalam memperluas jangkauan pemasaran dan branding sebuah bisnis ditengah persaingan dan kompetisi yang semakin ketat antar pemilik usaha baik skala kecil atau besar. Jika anda memiliki bisnis namun masih ragu ragu maka bisa jadi team anda belum mulai membuka wawasan secara luas. Bayangkan saja jika bisnis yang sudah anda rintis bertahun tahun bisa tergerus oleh tehnologi karena ketidak mampuan kita memahami dan mengambil peluang dan tantangan yang ada.
Jika bisnis anda bisa berinovasi dan mampu mengikuti trend dan kompetisi bisa jadi anda sedang mempesiapkan infrastruktur membangun kerajaan bisnis anda di masa akan datang dengan mengambil peluang yang besar sehingga bisnis dan perusahaan anda mampu sejajar bahkan bisa lebih maximal dan terdepan dalam hal strategy memanfaatkan peluang dan momentum perubahan kearah lebih baik.
Jika anda memiliki bisnis namun terkendala waktu, kesibukan.namun modal cukup sejenak fikirkan dan renungkan sampai anda bener bener yakin bahwa setiap bisnis harus berorietasi terhadap science dan tehnology sehingga mampu bertahan terhadap setiap perubahan tiap detik nya
Mulai saat ini bentuk lah Team di perusahaan anda fokus pada update science dan tehnology serta pengembangan Tehnology dan berinovasi ,tidak ada kata terlambat memulai hal kecil untuk sukses dimasa akan datang atau bahkan sebaliknya bisnis kita tenggelam oleh perubahan zaman yang begitu cepat oleh informasi .
Bukan rahasia lagi, bahwa generasi millenial sekarang ini mungkin lebih banyak hadir di aplikasi jejaring sosial dibanding bersosialisasi secara langsung. Hal ini juga berpengaruh pada kebiasaan mereka sebagai konsumen.Tidak heran mengapa hari ini bisnis menjadi seorang influencer/endorser semakin menggiurkan.
Paling tidak, dari hal ini setiap bisnis sudah harus sewajarnya belajar bahwa kehadiran brand mereka di media sosial sudah menjadi kebutuhan pokok yang tidak lagi bisa dihindari.
Online Advertising.
Media selanjutnya yang cukup efektif serta dapat dirasakan secara langsung manfaatnya adalah bisa dengan memasang iklan secara online banner bannerd web. Sebenarnya cukup banyak layanan penyedia iklan di internet mulai dari jejaring sosial seperti facebook dan instagram, namun jika tujuannya lebih fokus pada penjualan, Google Ads ,fb ads menurut kami masih rekomendasi hingga saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button
error: Content is protected !!
Open chat
1
Mau Kursus Bisnis Online dan Private Mentor ? Kirim Format Dengan Pesan WA ;
Nama: .............
Asal Kota :..................
Alamat Email :.............
Nama Usaha Anda :................
Pertanyaan Anda :.....................