Ragam Pekerjaan Digital Marketing

Ragam Pekerjaan Digital Marketing

Banyak sekali ragam pekerjaan digital marketing yang dapat dipilih untuk bisa meningkatkan penjualan suatu bisnis. Digital marketing sendiri diartikan sebagai usaha pemasaran memakai perangkat elektronik dan jaringan internet.

Strategi marketing tersebut dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan calon pelanggan secara online. Dapat menjangkau audiens dari seluruh penjuru dunia. Tanpa perlu bertatapan muka secara langsung.

Banyak media yang dapat menghubungkan pelaku bisnis dengan audiens. Diantaranya adalah website, media sosial dan lain sebagainya. Pada strategi ini, Anda dituntut untuk menarik calon pelanggan melalui penawaran.

Ragam Pekerjaan Digital Marketing

Digital marketing dapat diterapkan pada berbagai bidang usaha. Media yang dibutuhkan juga bermacam-macam. Sehingga menghasilkan spesialisasi pekerjaan dalam pemasaran tersebut. Umumnya, marketers dituntut untuk membuat iklan atau konten yang memikat.

Digital marketers juga bertanggung jawab atas brand awareness dan data konsumen. Sedangkan media yang digunakan bisa dalam bentuk berbayar atau gratis. Digital marketing terbagi oleh beberapa peran.

Perusahaan besar maupun kecil membutuhkan peran masing-masing digital marketing. Semuanya turut membantu perusahaan dalam menarik minat konsumen sehingga meningkatkan penjualan. Berikut peranan yang ada di digital marketing.

1.Manager SEO

Pekerjaan ini secara umum bertanggung jawab untuk mendatangkan calon pelanggan ke website tanpa harus membayar. Sehingga perusahaan tidak perlu mengeluarkan dana agar mereka mau mengunjungi website.

Manager SEO ini mempunyai tujuan utama yakni meningkatkan peringkat website pada mesin pencari. Dengan begitu, akan lebih banyak calon pelanggan yang bisa mengakses website. Banyak cara dapat digunakan untuk mencapai tujuan tersebut.

Manager SEO dapat membuat sendiri konten yang bisa memikat calon pelanggan. Manager SEO dapat memantau konten tersebut apakah bekerja dengan baik di mesin pencari seperti Google.

Tidak hanya diperuntukkan bagi website. Konten tersebut juga bisa turut diunggah pada laman media sosial perusahaan. Sehingga turut membuka jalan bagi calon pelanggan ketika ingin mengenal perusahaan dan produk yang tersedia.

2.Spesialis Konten Marketing

Pekerjaan digital marketing selanjutnya adalah spesialis konten marketing. Pekerjaan ini bertanggung jawab penuh atas traffic blog dan pelanggan akun media. Karena spesialis konten marketing harus menciptakan konten menarik.

Konten tersebut dapat berbentuk apa saja. Mulai dari tulisan, gambar, suara hingga video. Syarat utamanya adalah konten tersebut relevan dengan perusahaan dan bisa menarik minat audiens. Bukan sekedar konten tanpa makna.

3.Manager Sosial Media

Saat ini sosial media tidak hanya digunakan untuk komunikasi personal. Namun juga untuk keperluan bisnis. Sosial media bisa menjangkau lebih banyak audiens terutama anak muda.

Standar yang harus dicapai oleh manager sosial media adalah jumlah shares, followers, likes dan views. Anda pasti sudah tidak asing dengan istilah-istilah tersebut. Semuanya berkaitan dengan sosial media.

Tugas utama manager di bidang ini adalah mengunggah konten di media sosial sebagai sarana komunikasi yang lebih dekat dengan calon pelanggan. Konten bisa berupa artikel, gambar, video atau apa saja yang menjadi kebutuhan customer.

Manager sosial media tidak harus menciptakan konten. Bisa bekerja sama dengan spesialis konten marketing. Pihak spesialis konten bertugas untuk membuat konten. Sedangkan manager sosial media bertugas mengunggah dan menyebarkannya.

4.Koordinator Otomasi Pemasaran

Terakhir ada ragam pekerjaan koordinator otomasi pemasaran. Koordinator ini bertugas membantu untuk memilih dan mengelola perangkat lunak yang memungkinkan untuk memahami perilaku calon customer. Sehingga dapat mengukur pertumbuhan bisnis.

Banyak operasi pemasaran yang dijalankan secara terpisah. Sehingga perlu melakukan pengelompokan aktivitas. Pengelompokan tersebut juga berguna untuk mengukur kinerja semua pihak dalam menjalankan pemasaran.

Bagi orang yang belum mengenal digital marketing mungkin berpikir bahwa strategi tersebut dapat diterapkan oleh satu orang saja. Padahal, banyak sekali ragam pekerjaan digital marketing yang saling berpengaruh terhadap perkembangan bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button
error: Content is protected !!
Open chat
1
Mau Kursus Bisnis Online dan Private Mentor ? Kirim Format Dengan Pesan WA ;
Nama: .............
Asal Kota :..................
Alamat Email :.............
Nama Usaha Anda :................
Pertanyaan Anda :.....................